Advertisement

Tabel angsuran KPR Bank Permata Syariah Agustus 2019

Advertisement
dataperbankan.com - Kebutuhan manusia di dunia itu terdiri dari 3 garis besar, yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tertier. Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh manusia, hal itu adalah kebutuhan akan pangan, papan dan sandang. Kebutuhan pangan dan sandang mungkin semua orang dapat mewujudkan dan memenuhinya, tapi kebutuhan akan papan kadangkala beberapa orang susah untuk mewujudkannya, atau terkadang hal tersebut mustahil untuk dimiliki. Sehingga akhirnya mereka harus berpindah-pindah kesana- kemari untuk mencari hunian yang nyaman dengan cara mengontrak sebuah rumah biasa ataupun rumah susun. Tentu semua orang menginginkan rumah yang nyaman dan asri, tetapi hal itu terkadang sulit diwujudkan karena harga tanah dan bangunannya selalu naik setiap tahun, tidak pernah dijumpai di belahan dunia manapun harga rumah yang menurun dan murah. Sehingga terkadang beberapa orang harus berhutang kepada rentenir dengan bunga yang teramat tinggi, alhasil rumah tersebut akan terjual kembali untuk menutup hutang yang terlanjur sudah diambil.

Tapi sekarang ada program kredit perumahan rakyat atau yang biasa kita singkat KPR. KPR memberikan beberapa keuntungan kepada nasabah antara link arena bunganya yang lumayan rendah bila dibandingkan dengan pinjaman sejenis. Dan jangka waktu yang yang bisa disesuaikan dengan kemampuan financial nasabah yang bersangkutan. Dengan basis sayriah yang amanah dan murabahah. 

Dengan plafon kredit yang besar, antara 25 juta sampai 5 milyar rupiah, membuat program ini banyak dilirik dan diminati oleh nasabah, apalagi untuk seseorang yang memang tertarik dengan program kredit berbasis syariah.

Suku bunga yang disesuaikan dengan keinginan anda selama 1,5 tahun sampai 3 tahun membuat anda bisa sedikit bernafas lega dan setelah 3 tahun berlalu, suku bunga ditentukan oleh pihak bank.

Dengan uang muka tergolong rendah yaitu hanya sekitar 30 % dari harga jual developer dari permata bank. Kredit berlaku untuk jangka waktu yang lumayan lama antara 1-15 tahun, sehingga meringankan beban yang harus ditanggung oleh pemohon.

Pemohon hanya dikenakan provisi kredit dengan hanya memiliki presentasi 1 % flat. Dengan biaya administrasi 1 per mil, dengan minimal harga Rp. 250.000,00- untuk yang terendah dan yang tertinggi adalah Rp. 1.000.000,00-. Premi asuransi jiwa dan asuransi kebakaran sesuai dengan ketentuan perusahaan asuransi, sehingga melindungi nasabah ketika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Biaya notaris, dengan perjanjian kredit dan akta pemasangan hak tanggungan. Pemohon diwajibkan untuk membayar iuran bulanan sebesar Rp. 5.000,00- perbulan, tentu biaya ini termasuk murah dan terjangkau untuk iuran bulanan.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa untuk menjadi pemohon di KPR itu sangat susah dan ribet. Tapi pada kenyataan sebenarnya terbalik, karena untuk pengajuan permohonan kredit itu mudah dan cepat, tanpa proses yang bertele-tele dan melelahkan. Adapun syarat-syarat untuk menjadi pemohon program kredit perumahan rakyat di bank permata adalah :

  • Pemohon adalah warga Negara Indonesia bukan warga Negara asing
  • Kredit perumahan ini diperuntukkan untuk perorangan ( individu ) dan bukan untuk badan usaha ataupun perusahaan, berskala kecil maupun besar
  • Usia minimal 21 tahun untuk karyawan perusahaan sedangkan maksimal 65 tahun untuk pengusaha

Dokumen agunan yang harus dipenuhi adalah rumah baru, bukan rumah baru, fotokopi sertifikat tanah ( rumah lama ), fotokopi IMB ( ijin mendirikan bangunan ) untuk rumah lama ataupun rumah yang akan direnovasi dan fotokopi PBB ( pajak bumi dan bangunan ) untuk rumah lama ataupun rumah yang akan direnovasi.

Adapun dokumen persyaratan yang harus disediakan oleh pemohon, yaitu :

  • Fotokopi KTP suami-istri ( apabila sudah berumah tangga )
  • Foto kopi KK, hal ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang keluarga pemohon
  • Fotokopi akta nikah/cerai/ pisah
  • slip gaji dan surat keterangan kerja, untuk membuktikan apa yang telah dikatakan oleh pemohon tersebut benar adanya
  • Fotokopi tabungan/ rekening pribadi, tujuannya untuk mengetahui bahwa pemohon adalah benar nasabah dari bank permata syariah
  • Pasfoto 3 x 4 sebanyak 1 lembar
  • Fotokopi surat ijin praktek/ SK pengangkatan dari instansi terkait, untuk mengetahui bahwa apa yang dikatakan oleh pemohon itu benar dan dapat dipertanggungjawabkan

Tabel angsuran KPR Bank Permata Syariah Terbaru 2019


TABEL ANGSURAN
PER RP 1.000.000


CONTOH BUNGA BERLAKU 13%
PINJAMAN Rp.100.000.000

Cara menghitung :
1. Carilah koordinat antara 13% dan 10 tahun =14,931
2. Kalikan 14,931 dengan 100 ( table per 1 juta ) = Rp1.493.100 ( pokok + bunga )
Advertisement