Advertisement

Persyaratan dan Tata Cara Membuka Rekening Tabungan Bank BRI Syariah

Advertisement
Bank BRI syariah merupakan sebuah lembaga perbankan syariah. Bank ini berdiri pada tahun 1969, dahulu diberi nama Bank Jasa Arta, lalu diambil oleh Bank Rakyat Indonesia, diubah menjadi Bank umum syariah pada tahun 2008. Kemudian bank BRI digabung pada 2009.


Mengapa harus mengambil ataupun membuka rekening di bank syariah ? apa kelebihannya dibandingkan dengan bank konvensional pada umumnya? Mungkin pertanyaan-pertanyaan ini sudah muncul di benak anda sekarang ketika seseorang mengajak anda untuk menabung di bank BRI syariah. BRI syariah merupakan institusi perbankan tersendiri yang terpisah dari bank BRI konvensional yang telah ada sejak lama. Berawal dari akuisisi PT. Bank Rakyat Indonesia( Persero), Tbk, terhadap bank jasa arta pada tanggal 19 desember 2007 dan setelah mendapatkan ijin dari bank Indonesia pada 16 Oktober 2008 melalui surat keputusannya o.10/67/kep.gbi/dpg/2008, maka pada tanggal 17 november 2008, PT. Bank BRI syariah secara resmi telah beroperasi. Kemudian PT bank BRI syariah merubah kegiatan usaha yang semula beroperasi secara konvensional kemudian diubah sedemikian rupa menjadi kegiatan perbankan berdasarkan prinsip syariat islam. Jadi, jikalau anda ingin membuka rekening di bank BRI syariah maka anda tidak dapat membuka rekening tersebut di bank konvensional BRI.

Cara membuka rekening tabungan di BRI syariah :


Untuk membuka tabungan di BRI syariah nyatanya cukup mudah, tahap awal silahkan menuju kantor bank BRI syariah dan jangan lupa untuk menyiapkan syarat-syarat tersebut di bawah ini, diantaranya :
  • Uang senilai Rp.50.000 untuk saldo awal pembukaan rekening. Biaya ini juga sudah termasuk biaya pembuatan kartu ATM. 
  • Anda juga perlu menyiapkan identitas diri anda yang masih berlaku sekarang, seperti KTP/SIM/KTM ataupun kartu pelajar anda

Hanya dua syarat itu saja yang diperlukan untuk membuka sebuah rekening di bank BRI syariah. Pertanyaan mulai muncul ketika bagaimana jika anda adalah seorang pendatang ataupun bukan warga kota setempat ? anda tidak perlu risau dan khawatir karena anda tetap bisa membuka tabungan anda di BRI syariah. Anda hanya perlu mengisi formulir keterangan domisili anda sekarang yang sudah disediakan oleh pihak bank BRI syariah terdekat di kota anda.

Fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh pihak bank BRI syariah, yaitu :

  • Setoran awal yang lumayan ringan mulai dari Rp.50.000 saja
  • Gratis biaya administrasi bulanan tabungan yang biasanya terdapat di bank konvensional
  • Gratis untuk biaya bulanan kartu ATM yang biasanya juga terdapat di bank konvensional bukan syariah
  • Gratis biaya tarik tunai di ATM BRI, jaringan ATM bersama ataupun ATM prima
  • Gratis juga biaya cek saldo di ATM BRI, jaringan ATM bersama dan ATM prima
  • Gratis juga biaya transfer di ATM BRI, jaringan ATM bersama serta ATM prima
  • Gratis biaya debit Prima 

Semuanya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dan pihak bank BRI syariah dapat sewakatu-waktu merubahnya tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Dengan kartu ATM BRI syariah, anda mudah melakukan beragam transaksi perbankan di ATM BRI syariah serta di puluhan ribu jaringan ATM BRI, ATM bersama maupun ATM Prima yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, dari sabang sampai merauke. Berbagai layanan perbankan yang dapat dilakukan melalui mesin ATM BRI syariah yaitu :
  • Informasi saldo
  • Penarikan tunai
  • Ganti PIN
  • Transfer ke rekening di BRI syariah maupun bank yang lainnya
  • Pembayaran tagihan seperti tagihan Telkom, telkomvision, internet speedy, telco pascabayar serta PLN
  • Pembayaran pembelian telco prabayar dan PLN
  • Pembayaran zakat/sedekah, infaq, waqab juga kurban

Kartu ATM BRI syariah juga berfungsi sebagai kartu debit untuk membayar belanja anda tanpa menggunakan uang tunai lagi di seluruh merchant yang terdapat merchant yang berlogo debit prima

Bank juga dapat memberikan bonus dan ini sesuai dengan kebijakan bank serta dapat dilakukan pemotongan zakat secara otomatis dari segala bonus yang telah diterima.

BRI syariah juga terbuka untuk segala kalangan, bukan hanya terbatas untuk kaum muslim saja, karena sebenarnya syariah hanya digunakan untuk sistem pengelolaannya saja yaitu menurut hukum islam yang berlaku.

Kelebihan menabung di bank BRI syariah, yaitu :

  • Gratis biaya administrasi bulanan sehingga saldo tabungan anda tidak akan berkurang setiap bulannya untuk membayar biaya administrasi biaya administrasi tabungan dan juga kartu ATM
  • Gratis biaya untuk tarik tunai dan mengecek saldo anda di seluruh mesin ATM di jaringan ATM bersama ataupun prima. 
  • Gratis biaya debit prima, jika anda berbelanja di swalayan yang menyediakan perangkat debit prima, gunakan saja kartu ATM BRI syariah anda, gratis tanpa dikenai biaya sepeserpun
  • Saldo tabungan yang minimal, saldo tabungan yang hanya berkisar Rp.25.000. jika saldo anda sebesar Rp.75.000 anda bisa menarik uang anda sebesar Rp.50.000 melalui mesin ATM. Jadi jangan sampai saldo anda dibawah nominal Rp.25.000 maka anda akan dikenai sanksi bulanan oleh pihak bank
  • Gratis biaya transfer, dapat mentransfer serta dapat menerima transfer dari semua institusi perbankan di Indonesia melalui mesin ATM. 
  • Untuk mentransfer uang ke bank lain dalam jaringan ATM bersama, anda dapat menggunakan mesin ATM milik bank apapun

Demikianlah penjelasan tentang cara untuk membuka rekening bank BRI syariah, semoga dapat membantu anda yang memang sudah lama ingin membuka rekening di bank BRI syariah.
Advertisement