Advertisement

Persyaratan dan Tata Cara Membuka Rekening Tabungan Bank BRI

Advertisement
Tidak sedikit yang bingung dan menanyakan anggaran administrasi bulanan sebuah bank dan kemudian membanding-bandingkan bersama bank yang lainnya. Rata-rata dari para nasabah itu biasanya mencari yang lebih murah dan bersahabat dengan kantong mereka dan juga biasanya yang setoran awalnya lebih sedikit daripada bank yang lainnya. Jika hal seperti itu yang sedang anda cari sekarang ketika ingin membuka sebuah rekening baru, maka membuka rekening bank BRI mungkin adalah pilihan yang tepat untuk anda. Di luar itu semua KTP elektronik yang biasanya menjadi syarat umum sebuah bank yang biasanya diajukan untuk calon nasabah baru, maka tenang saja karena di bank BRI tidak mempersoalkan permasalahan ini. KTP bukan elektronik bisa juga asalkan alamat yang tertera di KTP itu cocok dengan domisili anda tinggal sekarang, maka permohonan pembukaan rekening baru anda akan dilayani oleh pihak bank BRI. 



Keuntungan dan kelebihan bank BRI ketimbang bank konvensional lainnya yaitu setoran awal yang ringan sebesar Rp.10.000, termasuk ringan untuk ukuran sebuah bank besar ini ringan disbanding dengan bank yang lainnya. Biaya bulanannya pun Cuma Rp.6500 dan kantor cabangnya pun memiliki jangkauan luas bahkan sampai ke pelosok-pelosok pedesaan yang biasanya tak terjangkau bank konvensional yang lainnya. Jadi bagi nasabah yang tempat tinggalnya di desa terpencil, tidak perlu bingung karena telah ada bank BRI di desanya, sehingga sangat menguntungkan.

Namun anda perlu ketahui juga bahwa bank BRI memiliki bermacam-macam tipe tabungan yang tersedia. Ada yang diberi nama Simpedes ( simpanan pedesaan), simaskot ( simpanan masyarakat kota). Tapi sekarang simaskot telah berganti nama menjadi britama. Selain kedua tipe tabungan di atas, ada juga tipe tabungan BRI khusus pelajar. Ada juga tipe BRI junio dikhususkan untuk anak di bawah 15 tahun, tipe ini bertujuan untuk mengajarkan seorang anak untuk rajin menabung sejak usia dini. Ada juga BRI syariah.

Cara dan persyaratan daftara rekening bank BRI, yaitu :


Cara dan syaratnya hampir sama dengan persyaratan untuk membuka rekening di bank yang lainnya. Biasanya yang dibutuhkan adalah kartu identitas, KTP (kartu tanda pelajar) ataupun KK(kartu keluarga), sejumlah uang untuk setoran awal, kalau diperlukan juga uang Rp.6000 untuk uang ganti materai yang diberlakukan oleh pihak bank. Persyaratan ini dikhususkan untuk membuka rekening bank BRI tipe simpedes dan juga britama. Untuk yang tipe pelajar anda bisa membawa kartu pelajar saja. Sedangkan untuk tipe BRI junio diharuskan untuk datang bersama orang tua dan orang tua juga harus memiliki rekening di bank BRI.

Untuk setoran awal biasanya anda hanya perlu merogoh kocek Rp.100.000 dikhususkan untuk tipe tabungan BRI simpedes dan pelajar. Sedangkan untuk tipe britama anda harus merogoh kocek sebesar Rp.250.000. bagi anda yang masih bingung setoran awal ini sebenarnya masih tetap uang anda. Uang tersebut akan masuk ke saldo anda dan anda pun bisa mengambilnya kembali jika kartu ATM sudah aktif( biasanya 24 jam setelah dibuat).

Setelah 2 syarat tersebut sudah siap anda buat, segeralah datang ke kantor cabang BRI terdekat. Dan jangan lupa untuk membawa uang Rp.6000 untuk mengganti biaya materai. Saat ini sebenarnya cara dan syarat daftar rekening bank BRI sudah bisa anda lihat di website online nya BRI. Download formulirnya kemudian anda isi terus anda kirim lagi untuk proses selanjutnya.

Jika anda membuka rekening secara manual. Anda tinggal pergi ke kantor cabang bank BRI terdekat. Lalu anda akan diberitahukan tatacara untuk membuka rekening oleh customer service.

Rincian biaya dari masing-masing tipe tanungan di bank BRI


  • BRI junio : tabungan yang dikhususkan untuk anak-anak di bawah usia 15 tahun
  • BRI khusus untuk pelajar : biaya administrasi bulanan, ATM, dll. Hampir sama dengan tipe tabungan simpedes
  • BRI simpedes : setoran awal yang harus anda setor adalah Rp.100.000, setoran selanjutnya Rp.10.000 biaya bulanan Rp.6500, biaya ATM yang harus ditanggung Rp.500 perbulan, biaya penarikannya gratis dan biaya penarikan di ATM bersama adalah Rp.7500
  • BRI britama : setoran awalnya Rp.250.000 setoran selanjutnya Rp.10.000 biaya bulanannya Rp.12.000 , biaya ATM adalah Rp.1000 perbulannya. Biaya penarikannya gratis dan biaya penarikan tunia di ATM bersama adalah Rp.7500

Demikianlah syarat untuk membuka rekening bank BRI, semoga dapat membantu anda yang memang sejak awal ingin sekali membuka rekening baru di bank ini, semoga membantu.
Advertisement