Advertisement

Persyaratan dan Tata Cara Membuka Rekening Tabungan Bank BTN Syariah

Advertisement
BTN syariah merupakan strategic business unit (SBU) dari bank BTN yang menjalankan bisnis dengan prinsip syariah, mulai beroperasi pada tanggal 14 februari 2005 melalui pembukaan kantor cabang syariah pertama di Jakarta. Pembukaan SBU ini guna melayani tingginya minat masyarakat dalam memanfaatkan jasa keuangan syariah dan memperhatikan keunggulan prinsip perbankan syariah, adanya fatwa MUI tentang bunga bank, serta melaksanakan hasil RUPS tahun 20014

Anda ingin menabung tapi bingung memilih bank mana yang menguntungkan dan halal ? bank BTN jawabannya. Menabunglah di bank BTN syariah. Bank yang merupakan unit usaha bank BTN ini memiliki 2 produk tabungan yang sangat menarik. Selain itu, bagi anda yang muslim menabung di bank syariah tentunya membuat anda lebih tenang karena bebas dari yang namanya riba.

BTN syariah memiliki dua produk tabungan unggulan, yakni tabungan batara ib dan tabungan investa batara ib, kedua tabungan ini dibedakan oleh akda yang mereka gunakan.

Tabungan batara ib menggunakan akad wadiah ataupun nama lainnya titipan. Jadi prinsipnya anda menitipkan uang ke BTN syariah, pihak BTN syariah akan menyimpan uang anda. Karena akadnya titipan maka anda tidak akan mendapatkan keuntungan bagi hasil daro uang yang telah anda titipkan. Tapi pihak bank boleh dan berhak memberikan bonus atas tabungan yang anda titipkan dengan nominal yang tidak dijanjikan oleh pihak bank sebelumnya.

Keuntungan tabungan bank batara ib yaitu bank sebagai tempat penitipan tidak akan mengenakan biaya administrasi bulanan atas uang titipan anda. Jadi saldo tabungan anda tidak akan pernah terpotong biaya dministrasi dari bank seperti yang terjadi pada bank-bank konvensional. Sebaliknya saldo-saldo anda akan terus bertambah karena anda memperoleh bonus.

Produk tabungan kedua adalah tabungan investa batara ib. tabungan ini menggunakan akad mudarabah atau sistem bagi hasil. Jadi anda sebagai selaku pemilik harta ataupun shahibul mal prinsipnya menginvestasikan harta anda ke BTN syariah selaku pengelola harta anda atau mudharib. BTN syariah kemudian akan mengelola harta anda tersebut sehingga akhirnya menghasilkan keuntungan. Keuntungan ini kemudian dibagi hasilkan antara mudarib dengan shahibul iman secara merata dan adil oleh pihak bank BTN syariah.

Nisbah bagi hasil tabungan investa batara adalah 52:48 dan equivalent ratenya adalah sebesar 4,7%. Dan ini tertinggi dibandingkan bank-bank yang lainnya, baik bank syariah maupun bank konvensional.

Setiap bulannya tabungan investa batara mengenakan biaya administrasi sebesar Rp.7500. tapi menariknya biaya administrasi tidak akan pernah memotong saldo anda, melainkan memotong uang bagi hasil tadi. Misalnya bulan ini tabungan anda memperoleh bagi hasil Rp.6000 maka hanya Rp.6000 itulah yang akan dipotong. Rp.1.500 lagi tidak akan dipotong dari saldo utama. Dan hal ini berbeda dari bank-bank konvensional biasanya.

Membuka kedua jenis tabungan diatas caranya sangat mudah dan cepat yaitu cukup dengan membawa KTP/SIM ataupun paspor yang masih berlaku dan uang setoran awal yang lumayan ringan sebesar nominal Rp. 50.000 untuk tabungan batara ib atau Rp.100.000 untuk tabungan investa batara ib. terakhir tabungan BTN syariah juga didukung penuh oleh jaringan ATM bank BTN yang sudah tersebar luas ke seluruj penjuru daerah di indonesia dari sabang sampai merauke. Tarik tunai dan cek saldo biayanya gratis, anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Demikianlah penjelasan tentang tata cara dan syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan untuk mebuat rekening baru bank BTN syariah, semoga bermanfaat bagi anda yang memang ingin membuka rekening di bank BTN syariah ini.

Advertisement