Advertisement

Persyaratan dan Tata Cara Membuka Rekening Tabungan Bank Muamalat

Advertisement
Kadang orang-orang berpikir bahwa untuk membuka sebuah rekening baru di bank itu sangat sulit dan ribet, istilahnya tidak seperti membalikkan kedua tangan ataupun sihir. Tapi kenyataan sebenarnya berbanding terbalik dengan anda, karena membuka rekening di bank sangat mudah dan gampang dan tanpa membutuhkan banyak tenaga ekstra.


Salah satu yang membuat persayaratan yang mudah untuk nasabah ketika membuka rekening pertama kali adalah bank muamalat. Sekilas tentang bank muamalat, bank Muamalat adalah bank syariah pertama yang didirikan di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1991, pertama kali diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia ataupun MUI dan pemerintah Indonesia. Bank ini memulai kegiatan pengoperasiannya pada 27 syawal 1412 H ataupun 1 mei 1992. Dengan i dukungan penuh dari eksponen ikatan cendekiawan muslim se indonesia ataupun biasa kita singkat dengan ICMI dan beberapa orang pengusaha muslim Indonesia kala itu.

Pada saat ini bank Muamalat telah memberikan layanan bagi lebih dari 4,3 juta nasabahnya dengan melalui 457 gerai yang tersebar luas di 33 provinsi di Indonesia. Jaringan bank ini telah didukung pula oleh aliansi melalui lebih dari 4000 kantor pos online/ SOPP di seluruh Indonesia, 1996 ATM yang tersebar di Indonesia, serta 95.000 merchant debet yang juga tersebar luas. Bank Muamalat Indonesia saat ini juga merupakan satu-satunya bank syariah yang telah membuka cabangnya sampai ke luar negeri, yaitu di kuala lumpu, Malaysia.

Untuk meningkatkan aksesbilitas nasabah di Malaysia, kerjasama dijalankan dengan jaringan Malaysia electronic payment system( MEPS) sehingga layanan Bank Muamalat Indonesia dapat diakses dari lebih dari 2000 ATM di Malaysia. Selain itu bank ini memiliki produk share gold dengan tekhnologi chip pertama di Indonesia yang dapat digunakan di 170 negara dan bebas biaya diseluruh merchant berlogo visa.

Fasilitas lengkap dan nyaman :

Dilengkapi dengan berbagai pilihan jenis kartu ATM yang bisa nasabah pilih sendiri dan debit sesuai dengan kebutuhan transaksi nasabah, yaitu :
  • Kartu regular digunakan untuk keleluasaan transaksi di ATM di dalam negeri dan di Malaysia melalui jaringan ATM bank Muamalat, ATM prima, ATM bersama dan MEPS( Malaysia ) serta transaksi pembayaran belanja di jaringan prima debit
  • Kartu gold digunakan untuk keleluasaan transaksi di seluruh dunia melalui jaringan ATM bank Muamalat, ATM prima, ATM bersama, MEPS dan ATM plus/visa serta pembayaran belanja di jaringan visa. Juga untuk kenyamanan transaksi kapan saja dan dimana saja melalui layanan elektronik banking bank Muamalat yang terdiri dari ATM, internet banking, mobile banking dan juga phone banking

Keuntungan menabung di bank Muamalat yaitu nasabah dapat menikmati program Muamalat berbagi rezeki yang menawarkan berbagai keuntungan sepanjang tahu seperti contohnya mendapatkan hadiah, subsidi untuk transaksi elektronik banking dan subsidi belanja dengan kartu debit bank Muamalat.

Syarat untuk membuka kartu rekening bank Muamalat
  • WNI : KTP/SIM/ paspor yang masih berlaku untuk saat ini ataupun surat pernyataan resmi
  • WNA : KITAS/KIMS/paspor ataupun surat referensi yang masih berlaku untuk saat ini

Fitur umum bank muamalat :
  • Akad yang dipakai adalah akad mudharabah
  • Nisbah yang diberikan adalah 7,50%
  • Setoran awal yang terjangkau sekitar Rp.100.000 
  • Saldo minimum yang harus ada di rekening Rp.50.000
  • Biaya penutupan rekening Rp.50.000

Demikianlah penjelasan tentang syarat dan tata cara pembuatan rekening bank muamalat, semoga dapat membantu anda!
Advertisement