Advertisement

Berapa Saldo Minimal Rekening Tabungan Bank Mandiri ?

Advertisement

Semua orang pasti pernah yang namanya mengalami kesulitan finansial. Dimana disitu maupun dalam keadaan tertentu kita tidak memiliki uang walaupun sedikit padahal kita membutuhkan uang tersebut untuk membayar maupun membeli sesuatu yang mendesak. Tapi kita pastinya pernah berpikir atau sering menuju ke mesin ATM yang terdekat dengan kediaman maupun rumah kita dan ingin mengambil sejumlah uang di mesinATM tersebut, tapi naas kita sudah tidak dapat mengambil uang lagi karena ternyata uang kita maupun saldo kita yang terdapat di rekening kita sudah limit sehingga tidak dapat diambil lagi.

Apakah anda pernah mengalaminya juga ? Sehingga hal ini pun mengajarkan kepada kita bahwa mengetahui sisa saldo minimal dalam rekening kita pun diperlukan agar ketika kita tidak memiliki uang sepeserpun kita tidak akan kecewa setelah melihat saldokita di ATM. Lalu berbicara mengenai berapa sisa saldo dalam rekening bank, apakah anda tahu berapa limit maupun sisa saldo di dalam bank mandiri yang harus ada. Apakah anda ingin tahu ? Jika iya, mari kita cari tahu bersama-sama.

Tapi berbicara mengenai sisa saldo yang tidak dapat diambil lagi, kenapa sih pihak bank melakukan hal seperti itu? Sebenarnya saldo tersebut ibarat jaminan nasabah untuk tetap bisa melakukan fasilitas bank ataujaminan untuk menutup rekening jika ditinggalkan oleh nasabahnya.

Dan besaran untuk saldo minimal tersebut berbeda-beda antara bank yang satu dengan bank yang lainnya. Karena setiap bank memiliki peraturan sendiri-sendiri dalam menentukan nilai sisa saldo minimal yang harus ada dalam rekening ataupun ATM. Bahkan terkadang dalam satu bank pun menerapkan hal yang berbeda-beda dalam batasan tersebut untuk setiaptabungannya. Dan menurut istilah perbankan sendiri istilah sisa saldo maupun saldo minimal merupakan suatu jumlah minimum yang harus disimpan sehingga tidak boleh ditarik oleh nasabah yang memiliki rekening tersebut sebagai suatu persyaratan minimum biasanya untuk memperoleh bunga ataupun jasa tertentu ataupun dibebaskan dan kewajiban tertentu.

Jika jumlah dana dalam rekening nasabah tersebut kurang dari jumlah yangtelah disyaratkan oleh pihak bank, pemegang akun maupun nasabah harus membayar biaya tertentu yang ditetapkan oleh setiap bank dan hal itu bisa saja berbeda antara bank yang satu dengan bank yang lainnya. Selain saldo minimal yang tadi telah saya jelaskan ada juga yang disebut dengan saldo yang ditahan maupun saldo yang tertahan. Saldo yang ditahan merupakan saldo yang benar-benar sudah dapat ditarik oleh pihak nasabah lagi. Sedangkan adabeberapa saldo minimal yang tetap dapat bisa ditarik tetapi dengan catatan akan dikenai denda maupun sanksi oleh pihak bank.

Ada juga beberapa bank yang menetapkan kebijakan maupun menetapkan peraturan bahwa jika nasabah memiliki sisa saldo di bawah saldo minimal maka akan pihak nasabah akan dikenai denda. Tetapi mungkin sekarang bank di indonesia menganggap sama antara saldo minimal maupun minimum dan juga Saldo tertahan.

Dan untuk bank mandiri sendiri juga ternyata ada jumlah saldo minimal yang telah ditetapkan oleh pihak bank mandiri. Untuk nasabah yang memiliki rekening jenis mandiri tabungan maka saldo minimal yang harus ada dalam rekeningnya adalah sebesar seratus ribu rupiah. Dan untuk nasabah dengan jenis tabungan mandiri tabungan bisnis, saldo minimalnya adalah sebesar sepuluh ribu rupiah.

Dan mandiri tabungan haji maka saldo minimal yang harus ada di rekening nasabah harus berjumlah seratus ribu rupiah. Dan untuk nasabah yang merupakan seorang TKI maupun tenaga kerja indonesia dan memakai jenis tabungan TKI akan dikenai saldo minimal sebesar sepuluh ribu rupiah. Dan untuk nasabah yang menggunakan jenis tabungan bank mandiri tabunganku maka akan dikenai saldo minimal sebesar dua puluh ribu rupiah.

Nah, demikianlahsedikit informasi mengenai saldo minimum di bank mandiri. Semoga dapat menambah informasi anda dan terima kasih.
Advertisement