Advertisement

Tabel Angsuran Pinjaman KUR di Bank Mega Terbaru Juni 2019

Advertisement

Upaya pemerintah Indonesia dalam mengembangkan sektor usaha memang dilakukan dengan sangat serius. Terbukti dengan berbagai program yang diluncurkan, mulai dari pelatihan, ataupun bantuan permodalan.

Nah, terkait dengan masalah modal, sebagaimana yang kita tahu, pemerintah telah meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat atau KUR yang dikhususkan bagi para pelaku UMKM. Tentunya, kredit yang diberikan sedikit berbeda dengan kredit-kredit pada umumnya. Intinya, dibuat sekema khusus supaya pihak peminjam atau pelaku usaha tidak terlalu terbebani akibat beban bunga.

Bank Mega adalah salah satu bank yang oleh pemerintah telah diberi kewenangan untuk menyalurkan dana dari program Kredit Usaha Rakyat (KUR) tersebut. Masuknya Bank ini dalam daftar tersebut tidak lepas dari komitmen Bank Mega untuk turut mensuksekan program UMKM Indonesia.

Nah, untuk Anda yang ingin melakukan pengajuan KUR di bank MEGA, alangkah baiknya simak dulu informasi lebih lanjut mengenai syarat, cara pengajuan dan juga tabel angsuran KUR Bank Mega tahun 2018 yang telah kami rangkum berikut ini.

Syarat dan Ketentuan KUR di Bank Mega


Pengajuan pinjaman KUR di Bank Mega pada dasarnya sama dengan pengajuan kredit di Bank maupun lembaga non bank penyalur KUR yang lain. Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan :

A. Syarat dan Ketentuan Pinjaman KUR Bank Mega

  1. Pinjaman modal usaha dan investasi yang disalurkan memiliki nominal maksimal Rp 100.000.000 
  2. Pinjaman dapat diangsur selama jangka waktu yang ditentukan (maksimal 5 tahun) 
  3. Peminjam berusia 21 tahun hingga 65 tahun (pada saat jatuh tempo) 
  4. Menyertakan Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Fotocopy Kartu Keluarga (KK), dan Surat Izin Usaha. 
  5. Menyertakan NPWP untuk pinjaman diatas Rp 50.000.000 
  6. Jaminan berupa surat berharga. 
  7. Menyertakan dokumen lain bila diperlukan. 

Manfaat Pinjaman KUR di Bank Mega
  1. Dapat digunakan oleh pengusaha UMKM atau badan skala kecil yang kekurangan modal untuk operasional usahanya. 
  2. Dapat memilih alternative pembayaran angsuran pinjaman sesuai kemampuan. Bisa satu, dua, atau tiga tahun. 

Risiko Pinjaman KUR di Bank Mega

Peminjam wajib membayar kewajibannya kepada Bank tepat waktu. Apabila peminjam terlambat melakukan pembayaran angsuran atas keditnya tanpa konfirmasi sebelumnya, maka :
  1. Peminjam akan dikenakan denda sesuai kesepakatan. 
  2. Bank dapat melakukan eksekusi terhadap jaminan yang telah dijaminkan sebelumnya. Baik secara lelang atau penjualan secara langsung. 

Untuk menghindari resiko tersebut, sebaiknya anda melakukan konfirmasi kepada pihak Bank jika tidak mampu melakukan pembayaran tepat waktu dan mendapatkan syarat syarat tertentu untuk menunda pembayaran.

Tabel Angsuran Pinjaman KUR di Bank Mega



Tabel diatas adalah table angsuran pinjaman KUR di Bank Mega terbaru tahun 2019. Perubahan dapat terjadi selama tahun berjalan sesuai ketentuan dari pihak Bank Mega.

Setelah mengetahui Syarat dan ketentuan, Manfaat, Risiko dan juga Tabel angsuran pinjaman KUR di Bank Mega, anda hanya tinggal pergi ke salah satu cabang terdekat dari Bank Mega dengan membawa dokumen dokumen dan jaminan yang menjadi ketentuan peminjaman. Sebelumnya, jangan lupa untuk mempertimbangkan plafon dan tenor sesuai dengan kemampuan anda membayar agar nantinya tidak mengganggu kelancaran usaha anda.

Dengan adanya program KUR ini, tentunya para pelaku UMKM di Indonesia menjadi sangat terbantu dalam mengembangkan usahanya. Dan yang tak kalah penting, sebelum memutuskan pengajuan KUR, pastikan anda sudah mempunyai planning usaha yang matang.
Advertisement