Advertisement

Tabel Angsuran Pinjaman KUR di Bank BRI Terbaru Juli 2019

Advertisement

Tabel Angsuran KUR BRI - Kabar baru tahun ini bunga KUR untuk modal usaha UMKM mulai diberlakukan menjadi 7%. Meski telah direncanakan sejak tahun 2017 pertengahan yang lalu, namun hal ini baru terealisasi pada tahun 2018. Meski sedikit terlambat, tetap saja ini menjadi sebuah kabar baik bagi pelaku UMKM di Indonesia yang berencana ingin mengembangkan usahanya. Selaku bank plat merah terbesar, BRI menjadi salah satu penyalur dana KUR dengan target yang paling banyak dalam penyaluran KUR ini.

Perlu diketahui, meskipun Program Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan program pemerintah Republik Indonesia untuk membantu mengembangkan para pelaku UMKM dengan cara memberikan pinjaman tanpa jaminan, namun bukan berarti anda bisa mengajukan KUR begitu saja, sebab tetap ada kriteria usaha yang bisa menerima Kredit Usaha Rakyat ini.

Menurut peraturan yang berlaku, KUR memang tidak meminta jaminan apapun kecuali usaha tersebut. Sehingga yang menjadi objek jaminannya adalah usaha yang sedang anda jalankan.

Nominal Dana KUR BRI

Berapa besar dana KUR BRI yang turun? Berdasarkan tabel angsuran KUR BRI terbaru, dana KUR yang bisa anda pinjam adalah mulai dari nominal Rp 1 juta sampai dengan Rp 25 juta. Kategori 1 sampai 25 juta tergolong KUR Mikro. Jenis ini tidak perlu memerlukan jaminan apapun, kecuali usahanya. Ada pun jenis KUR Ritel yang pinjamannya lebih dari 25 juta, tapi untuk mengajukannya memerlukan jaminan, baik berupa sertifikat rumah, tanah, bpkp motor dan mobil. Jadi jangan keliru bahwa KUR itu tanpa jaminan dan bisa melebihi 25 juta.

KUR berguna untuk memberi tambahan kemudahaan bagi pelaku usaha terlebih untuk mereka yang selama ini memiliki kendala dalam masalah syarat pengajuan kredit produktif yang berasal dari perbankan. Dengan adanya program KUR ini, diharapkan para pelaku usaha di Indonesia dapat mengajukan pinjaman di perbankan penyalur dengan mudah dan tanpa syarat yang memberatkan. Apalagi jangka waktu yang diterapkan cukup lama, yakni 4 tahun untuk modal kerja dan 5 tahun untuk modal investasi.

Syarat Pinjaman KUR BRI
Agar anda dapat menjadi penerima pinjaman KUR BRI dan menikmati manfaatnya, pihak BRI dan pemerintah telah memberi tambahan ketentuan di dalam persyaratan pengajuannya. Adapun syarat mengajukan kredit usaha rakyat atau KUR adalah seperti yang dapat kita melihat di bawah ini.
  • Calon penerima KUR merupakan individu maupun perorangan yang terbukti lakukan usaha produktif dan layak sesuai ketentuan. 
  • Usaha yang dilaksanakan udah berusia setidaknya setengah tahun secara berturut-turut. 
  • Usaha yang digeluti tidak sedang menjadi objek kredit atau pinjaman berasal dari lembagi keuangan lain. 
  • Calon penerima KUR wajib menyertakan dokumen Identitas diri terasa berasal dari KTP, KK, dan juga surat ijin usaha atau keterangan usaha yang dianggap sah oleh pihak Bank. 

Keunggulan yang adna dapatkan dari program KUR milik BRI diantaranya adalah :
  • Tidak ada ongkos provisi 
  • Tanpa ongkos administrasi 
  • Suku bunga ringan yakni hanya berkisar 7% per tahun 
  • Jangka waktu pinjaman yakni hingga 3 tahun 
  • Plafon pinjaman dapat mencapai hingga Rp 25 Juta untuk tipe mikro 

Mengenai berapa baiknya besar pinjaman yang akan anda pinjam, anda bisa melakukan simulasi KUR dengan cara melihat tabel angsuran KUR BRI dibawah ini.

Tabel Angsuran KUR BRI

Nah, demikianlah penjelasan detail mengenai KUR BRI beserta dengan tabel angsurannya. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Advertisement